Ceaster Forum
Selamat Datang di Forum Ceaster
Bahas apa aja di sini sesuai forum !
Dapatkan Banyak Info,Ilmu,Berita di Sini !
AYO BURUAN DAFTAR ADA EVENT BERHADIAH BAGI PENDAFTAR !
Daftarnya mudah Tinggal Masukin data !

Ceaster Forum

Forum Pengetahuan Informasi dan Jual Beli Terlengkap di Indonesia


You are not connected. Please login or register

Ceaster Forum » Computer Stuff » Computer -Networking-OS/Software/Program-Web » Internet Service & Networking » Penjelasan Protokol Routing Link State

Penjelasan Protokol Routing Link State

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down  Message [Halaman 1 dari 1]

1 Penjelasan Protokol Routing Link State on Wed Oct 23, 2013 12:58 pm


Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang protokol routing link-state. Namun sebelumnya kita ulas kembali tentang protokol distance vector serta perbedaanya dengan protokol routing link-state. Untuk menggambarkan perbedaan protokol routing distance vector dan link state kita dapat menggunakan sebuah analogi. Pada distance vector dianalogikan sebagai sebuah rambu-rambu jalan yang memandu kita dalam perjalanan menuju tujuan, dimana informasi yang tertera hanya jarak dan arah.  Pada link state, protokol routing dianalogikan sebagai sebuah peta. Dengan sebuah peta kita bisa melihat semua rute yang potensial dan menentukan sendiri jalur yang paling kita inginkan.
Protokol routing distance vector seperti rambu-rambu jalan karena router harus membuat keputusan jalur yang paling diinginkan berdasarkan sebuah jarak atau metric ke sebuah jaringan. Seperti halnya  pelancong mempercayai sebuah rambu jalan yang menunjukkan secara tepat arah ke kota berikutnya, sebuah router distance vector mempercayai bahwa router lain telah menginformasikan jarak yang benar ke jaringan tujuan.
Protokol  routing link-state menggunakan pendekatan lain. Protokol routing link-state lebih mirip sebuah peta jalan karena mereka membuat sebuah peta topologi dari sebuah jaringan dan setiap router menggunakan peta ini untuk menentukan jalur terpendek ke setiap jaringan. Sama halnya saat kita mengacu pada sebuah peta untuk menemukan rute ke kota lain, router-router link-state menggunakan sebuah peta untuk menentukan jalur yang paling diinginkan untuk mencapat tujuan lain.
Router yang menjalankan sebuah protokol routing link-state mengirim informasi tentang status link-nya ke router lain dalam wilayah routing. Status dari link ini mengacu pada jaringan yang terhubung langsung pada-nya dan termasuk informasi tentang jenis jaringan dan router-router tetangga pada jaringan tersebut, karena itu dinamakan protokol routing link-state.
Protokol routing link-state dikenal juga sebagai protokol shortest path first dan dibangun atas algorithma shortest path first Edsger Dijkstra’s.
Protokol routing link-stater IP adalah :

  • Open Shortest Path First (OSPF)
  • Intermediate System-to Intermediat System (IS-IS)

Lihat profil user

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas  Message [Halaman 1 dari 1]

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik