SIAPA yang tak senang jika akhirnya mendapatkan pekerjaan yang diinginkan setelah sekian ama menanti jawaban? Namun, perjuangan tidak berakhir begitu saja. Kini sebagian besar perusahaan memberlakukan aturan untuk karyawan baru dengan masa percobaan (probationary period) dengan jangka waktu yang berbeda. Beberapa di antaranya ada yang memberi waktu tiga bulan, enam bulan, atau bahkan setahun.
Bagi perusahaan, masa percobaan dilakukan untuk meninjau lebih lanjut apakah karyawan yang telah diterima mampu mengikuti ritme kerja dan bertanggung jawab atau tidak. Sementara bagi karyawan baru, ini bisa menjadi tantangan selanjutnya untuk membuktikan bahwa ia layak diangkat sebagai karyawan tetap. Maka dari itu, perhatikan hal berikut ni agar dapat melewati masa percobaan dengan lancar.
Kontrol egoTak dapat dimungkiri, pada umumnya orang cenderung ingin menunjukkan aktualisasi diri dan mempertahankan ideologi pribadi saat berdiskusi. Sayangnya, tidak semua orang dapat menanggapinya dengan pikiran terbuka dan justru menjadi pemicu kecemburuan dan pikiran negatif di antara rekan kerja. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengontrol ego agar dapat mendengarkan dan menghargai pemikiran orang lain.
Berpikir optimisSejumlah orang bekerja dan menghadapi tantangan, tetapi selalu merasa takut akan gagal. Bagaimana tantangan akan terlewatkan jika rasa takut lebih dulu mendominasi? Maka dan itu, berpikirlah optimis agar dapat memicu kinerja Anda. Pola pikir yang positif dipercaya akan menghasilkan perilaku yapg positif juga.
Memiliki kecerdasan finansialBekerja begitu lama di kantor belum tentu meningkatkan penghasilan, jika Anda tak lihai mengatur keuangan. Tentukanlah prioritas pengeluaran agar kondisi keuangan dapat terkendal i setiap bulan. Jika tertarik, pilihlah investasi yang tepat untuk mempersiapkan kebutuhan di han esok.
Bersosialisasi dengan rekan kerjaSebagai karyawan baru, Anda perlu meningkatkan interaksi dengan rekan kerja. Hal mi berguna untuk memahami karakter dan pribadi mereka agar dapat bekerja sama dengan baik nantinya. Jagalah harmonisasi dengan rekan kerja selama Anda bekerja agar tercipta suasana kerja yang kondusif. [*/GPW]